Pomparan Raja Sitempang Dukung Rosinta Sitanggang Jadi 'Parhobas' di Samosir

Foto: istimewa

SITANGGANG.net

Ratusan Pomparan (keturunan) Raja Sitempang Kabupaten Samosir yang terdiri dari marga Sitanggang, Sigalingging, Sidauruk, Simanihuruk, serta boru (keturunan perempuan) Malau, Sinurat, dan Nainggolan, memberi dukungan terhadap Rosinta Sitanggang, maju di Pilkada Samosir Tahun 2024, sebagai bakal calon Wakil Bupati Samosir berpasangan dengan Vandiko Timotius Gultom.

Dukungan itu dinyatakan pomparan (keturunan) Raja Sitempang Samosir di Partakke Beach di Sitanggang Bau, Desa Parsaoran Satu, Kecamatan Pangururan, Kabupaten Samosir, dalam acara "Pasada Tahi Mendukung Rosinta Sitanggang Gabe Parhobas Samosir" pada hari Kamis, 13 Juni 2024.

Acara itu dihadiri ratusan orang dari utusan sejumlah marga yang tergabung dari keturunan Raja Sitempang. Di kesempatan itu, dari masing-masing marga menyampaikan dukunganya kepada Rosinta Sitanggang.

"Saya berterimakasih atas kehadiran pomparan Raja Sitempang, khususnya yang ada di Kabupaten Samosir, saya mohon agar mendukung dan mendoakan saya untuk ikut dalam Pilkada Samosir 2024, sebagai pasangan petahana," kata Rosinta Sitanggang.

Rosinta Sitanggang yang merupakan ketua DPD II Partai Golkar Kabupaten Samosir menyebut partainya pasti akan mengutamakan kader,  sehingga Rosinta yakin dengan bersatunya Raja Sitempang, ia akan dipinang jadi cawabup oleh petahana, Vandiko Gultom.

Kendati demikian, Rosinta Sitanggang mengatakan, keinginanya maju di Pilkada Samosir bukan untuk melangkahi atau menghambat niat dari keturunan Raja Sitempang maju di Pilkada Samosir, karena menurutnya, sangat disayangkan komunitas marga yang besar itu tidak ikut serta dalam pilkada kali ini.

Sementara, Naris Sitanggang selaku pemilik lokasi kegiatan dan juga sebagai ketua panitia pelaksana acara itu menyebut Pomparan Raja Sitempang memiliki potensi besar menang di Pilkada Samosir.

"Jangan berkecil hati, dari jumlah pemilih, pomparan Raja Sitempang termasuk DPT terbesar, berkisar 22000an di Samosir, jadi tidak boleh dipandang sebelah mata," ungkap Naris Sitanggang.

Dukungan kepada Rosinta Sitanggang tidak hanya dari pomparan Raja Sitempang saja, dalam acara itu juga turut hadir kaum perempuan dari komunitas Parronauli Kabupaten Samosir. Mereka sepakat mendukung Rosinta Sitanggang dipinang sebagai bacawabup oleh cawabup petahana.

"Kami sangat, sangat mendukung, agar diberi kesempatan bagi kaum perempuan di Pilkada Tahun 2024 ini," kata Tumborina Sidabutar, ketua Komunitas Parronauli Kabupaten Samosir.

Lebih lanjut Tumborina Sidabutar mengeluhkan tentang semakin menipisnya moral, etika, dan adab di Kabupaten Samosir yang dilihatnya dalam komunikasi media sosial.

"Saya sering melihat berbagai komentar di grup WA, sangat miris, saling menghujat dan saling memaki, sudah tak diingat lagi Dalihan Natolu. Semoga nanti jika Ibu Rosinta Sitanggang terpilih jadi Wakil Bupati, moral itu bisa kembali," imbuhnya.

Ia juga berjanji, jika Rosinta Sitanggang berpasangan dengan petahana, komunitas mereka (kaum perempuan) akan bekerja keras untuk memenangkan Pilkada di Samosir.

Di kesempatan itu, beberapa pengurus Partai Golkar Samosir juga turut hadir mendampingi Rosinta Sitanggang, yakni, Darwin Rumapea, Mian Fidelis Malau, Tarsida Naibaho, dan J. Manihuruk.

"Trimakasih terhadap seluruh orangtua kami, terkhusus pomparan Raja Sitempang bersama boruna, yang ingin mendukung ketua yang kami cintai ini (Rosinta Sitanggang), ketua Golkar tercantik di Sumatera Utara," kata Darwin Rumapea, sembari menambahkan bahwa hanya Rosinta Sitanggang dari kaum perempuan sebagai ketua partai Golkar di Sumatera Utara.

Hal senada juga disampaikan oleh Mian Fidelis Malau, anggota DPRD Samosir terpilih dari dapil satu (Kecamatan Pangururan dan Kecamatan Ronggurnihuta) di pemilu 2024 dan juga sebagai keturunan dari Raja Sitempang.

"Saya sebagai marga Malau, sangat bangga ada dari keturunan Raja Sitempang maju di Pilkada Samosir," kata Mian Fidelis Malau. Ia pun berjanji akan bekerja keras untuk memenangkan Rosinta Sitanggang di Pilkada mendatang.

Sebagai tanda dukungan doa, beberapa utusan dari pomparan Raja Sitempang memberikan Ikan Mas dan Ulos Batak kepada Rosinta Sitanggang bersama sang suami marga Tambunan. (**)
Lebih baru Lebih lama